Latar Belakang

    Dengan Kian meningkatnya kesadaran masyarakat tentangh hidup sehat, maka jumlat lanjut usia di duniapun menjadi lebih banyak, demikian pula hal nya di Indonesia. Perubahan nyata tampak pula pada pola penyakit yang bergeser dari penyakit - penyakit infeksi, kini banyak timbul penyakit - penyakit degeneratif, antara lain osteoporosis yang terjadi pada pria maupun wanita.

    Mereka yang memepunyai kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, kopi dan soda berlebihan dan juga mereka yang secara terus menerus minum obat - obatan untuk asma, thypoid dan epilepsy pada umumnya beresiko tekena osteoporosis

   Khusus bagi wanita pada usia menopause dan pasca menopause, cepat atau lambat akan mengalami pengeroposan tulang dan ini merupakan gejala osteoporosis, maka perlu pengetahuan tentang cara - cara pencegahan dan cara penanggulangannya.

    Upaya pencegahan dengan terapi hormonal, penambahan komsumsi kalsium atau obat - obat khusus untuk tulang, latihan fisik yang benar juga sangat berperan. Dengan kian banyaknya penderita osteoporosis yang bergabung dalam latihan fisik sebagai upaya penanggungan osteoporosis, maka atas prakarsa Ibu Soepardjo Roestam, ibu Ning Mahar Mardjono, Ibu Elly Ismail Saleh, Ibu Soesilo Hardjoprakoso, Ibu Noersyamsu Yustham SH, juga dengan didorong dari Prof. DR. dr. H. Ichramsjah A. Rachman, SpOG-K, maka timbul gagasan untuk membentuk wadah berupa perkumpulan. Perkumpulan tersebut kemudian disahkan dengan Akte Notaris No. 08 tgl. 14 April 2003 dengan nama PERKUMUPULAN WARGA TULANG SEHAT INDONESIA (PERWATUSI)

Maksud dan Tujuan

    Maksud dari terbentuk nya PERWATUSI adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit tulang dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan gangguan pada tulang serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia dengan pencegahan gangguan tulang melalui perkembangan ilmu kesehatan dan teknologi dan membina dan mengembangakan kemampuan anggota dalam bidang kesehatan tulang.

Tugas Pokok

 Adapun tugas pokok dari PERWATUSI adalah :

1. Membantu pemerintah dalam melancarkan pelaksanaan program - program kesehatan khusus nya masalah tulang.

2. membantu masyarakat dalam meningkatkan deraja keseatan tulang

3. menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu kesehatan, kedokteran dan ilmu - ilmu lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

4. Mengadakan hubungan kerjasama dengan pemerintah, swasta dan badan - badan lainnya di dalam dan luar negeri yang bertujuan sama dan selaras, sepanjang tidak bertentangan dengan AD/ART PERWATUSI